Halo sobat baraya piknik, gimana kabarnya??? Kali ini mimin mau bahas Salah satu pemandian air panas Ciwidey yang selalu jadi incaran wisatawan. Yaitu Pemandian Air Panas Ciwalini. Pemandian air panas ini terletak di kawasan wisata Kawah Putih dan Situ Patenggang. Dengan latar belakang perkebunan teh Ranca Bali, Ciwidey yang dioperasikan oleh PTPN VIII, udara di sekitar kolam Ciwalini sangat sejuk.

Seperti tempat wisata pemandian air panas lainnya, kolam di Ciwalini juga memiliki kolam pemandian bersama. Di sini Anda bisa berendam atau berenang. Menariknya, ada juga fasilitas bermain water boom yang sangat digemari oleh anak-anak. Anda bisa mengajak anak-anak bermain di bawah air panas yang menetes dari atas.

Tiket masuk Walini Ciwalini Bandung

Selain bathtub outdoor, pemandian air panas Ciwalini memiliki kamar mandi tertutup berbentuk kamar mandi. Airnya mengalir deras dan sangat jernih. Tidak sedikit pun bau belerang. Nah, jika Anda tidak suka mandi di tengah keramaian, Anda bisa menggunakan kamar mandi tertutup ini.

Tiket masuk Walini Ciwalini Bandung

Jika Anda lelah, istirahatlah di gubuk beratap jerami di tepi kolam renang. Di sini Anda bisa membuka bekal yang Anda bawa dari rumah. Bagi yang tidak hadir makan siang, jangan khawatir kelaparan, di objek wisata Ciwalini terdapat restoran-restoran yang terjangkau dengan isi yang pas di kantong.

Salah satu pengunjung yang duduk di saung itu, mengatakan dirinya dan keluarga datang ke Pemandian Air Panas Ciwalini sebanyak tiga kali. Pegawai khusus ini mengatakan, seperti tempat wisata lainnya di pemandian air panas di daerah pegunungan, objek wisata Ciwalini juga menikmati udara yang sejuk.

Menurutnya, perjalanan ke Ciwalini juga merupakan hal yang menarik. Sepanjang jalan Anda disuguhi pemandangan pedesaan. Ketika perjalanan sudah dekat dengan objek wisata Ciwalini, pengunjung disuguhi pemandangan hijau perkebunan teh.

Teh Walini merupakan salah satu merek teh yang diproduksi oleh PTPN VIII Farms. Para pecinta teh mungkin sudah tidak asing lagi dengan merek teh yang tersedia dalam berbagai ukuran.

Selain pemandian air panas, tempat wisata Ciwalini juga menawarkan fasilitas bermain lainnya. Di antaranya adalah flying fox x-treme. Dengan permainan ini Anda bisa “mengambang” di ketinggian 400 meter. Namun bagi yang takut ketinggian, jangan khawatir, ada juga flying fox kecil yang tingginya kurang dari 100 meter.

Lalu ada juga ATV Tea Tour. Dengan mobil ini Anda ingin menjelajahi perkebunan teh yang hijau dan sejuk. Bagi Anda yang menyukai balapan, Go Cart juga tersedia di sini. Dengan mesin 90cc, Anda dapat berlari dari 3 hingga 5 lap. Selain itu, ada juga motorcross dengan mesin 50cc. Anda bisa menggunakan motor balap ini untuk 3 lap.

Jika ingin bersantai, ada jasa sewa sepeda yang bisa digunakan untuk menjelajahi perkebunan teh layaknya pengguna ATv.

Tidak jauh dari Obyek Wisata Walini, terdapat PLTP Patuha yang dioperasikan oleh PT Geo Dipa Energi. Potensi panas bumi Patuha merupakan yang terbesar di Jawa Barat yaitu sekitar 400 MW. Pembangkit listrik ini terletak di atas lahan milik Perhutani dan PTPN VIII. Seperti diketahui, PLTP Batuha merupakan target vital nasional untuk mendukung realisasi kapasitas 35.000 MW yang dicanangkan pemerintah.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *